STRUKTUR ORGANISASI

Untuk pelaksanaan tugas dan fungsinya, susunan dan struktur organisasi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, terdiri dari :

struk

a.   Kepala Dinas;

b.   Sekretariat :

  1. Sub Bagian Perencanaan;
  2. Sub Bagian  Umum dan Kepegawaian; dan
  3. Sub Bagian Keuangan

c.   Bidang Pendidikan Dasar dan Agama :

  1. Seksi Sarana dan Prasarana Pendidikan Dasar dan Agama;
  2. Seksi  Kurikulum Pendidikan Dasar dan Agama; dan
  3. Seksi SPEM.

d.   Bidang Pendidikan Menengah, Kejuruan dan Agama :

  1. Seksi Sarana dan Prasarana Pendidikan Menengah, Kejuruan dan Agama;
  2. Seksi  Kurikulum Pendidikan Menengah, Kejuruan dan Agama; dan
  3. Seksi SPEM.

e.   Bidang Pemuda dan Olahraga :

  1. Seksi Pembinaan Pemuda;
  2. Seksi Pembinaan Olah Raga; dan
  3. Seksi Pembinaan PLS.

f.    Bidang Ketenagaan Pendidikan  :

  1. Seksi Pendidikan dan Pelatihan;
  2. Seksi Ketenagaan TK/SD; dan
  3. Seksi Ketenagaan SMP/SMU/SMK.

Tugas pokok dan fungsi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Enrekang diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Enrekang No. 02 tahun 2008 tentang Urusan Pemerintah Kabupaten Enrekang yaitu membantu Bupati Enrekang dalam penyusunan rencana, mengkoordinasikan, mengarahkan dan mengevaluasi kegiatan serta menetapkan kegiatan teknis pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.
Dalam menyelenggarakan tugas di atas, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Enrekang berfungsi sebagai:

a. Perumus kebijakan teknis sektor pendidikan
b. Pemberi izin pendirian lembaga pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah
c. Pelaksana pelayanan umum sektor pendidikan
d. Pembina lembaga pendidikan dasar dan menengah baik formal maupun non formal
e. Pembina unit pelaksana teknis dinas (UPTD)
Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Enrekang dipimpin oleh pejabat struktural selaku Kepala Dinas yang mempunyai fungsi dalam hal:
a. Perumusan kebijakan dinas;
b. Penyusunan rencana strategik dinas;
c. Penyelenggaraan pelayanan umum di bidang pendidikan, pemuda dan olahraga;
d. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan dinas; dan
e. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan dinas;
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Enrekang mempunyai tugas dengan rincian sebagai berikut:
a. Merumuskan rencana strategik dan program kerja dinas sesuai dengan visi dan misi daerah;
b. Mengkoordinasikan perumusan dan penyusunan program kerja dinas sesuai bidang tugasnya;
c. Menyelenggarakan rencana strategik dan program kerja dinas;
d. Menyelenggarakan perencanaan operasional program pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan Agama dan pendidikan non formal sesuai dengan perencanaan strategik tingkat provinsi
e. Menyelenggarakan sosialisasi dan pelaksanaan standar nasional pendidikan ditingkat kabupaten
f. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan berbasis keunggulan lokal pada pendidikan dasar dan menengah
g. Menyelenggarakan peremajaan data dalam sistem informasi manajemen pendidikan untuk tingkat kabupaten
h. Memberikan izin pendirian serta pencabutan izin satuan pendidikan dasar dan menengah berbasis keunggulan lokal, izin pendirian serta pencabutan satuan penyelenggara pendidikan non formal
i. Menyelenggarakan dan mengelola satuan pendidikan sekolah dasar bertaraf internasional
j. Menyediakan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan non formal sesuai kewenangannya.
k. Meningkatkan kesejahteraan, penghargaan dan perlindungan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan pada anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan agama dan pendidikan non formal
l. Menyelenggarakan kebijakan di bidang kepemudaan meliputi pengembangan keserasian kebijakan dan pemberdayaan, pengaturan sistem penganugerahan prestasi, kriteria dan standarisasi lembaga kepemudaan.
m. Menyelenggarakan pembinaan dan pengawasan di bidang keolahragaan meliputi penyelenggaraan pekan olahraga, pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana olahraga.
n. Membina dan mengembangkan karir pegawai serta pelayanan kepada masyarakat sesuai bidang tugasnya maupun dalam rangka kepentingan Pemerintah Daerah.
o. Mengarahkan pelaksanaan program kerja dinas.
p. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier.
q. Membina pelaksanaan program pengawasan melekat (waskat) di lingkungan Dinas.
r. Memberi saran dan pertimbangan teknis kepada Bupati.
s. Membina pelaksanaan tugas–tugas Unit Pelaksana Teknis Dinas.
t. Mengevaluasi hasil pelaksanaan program kerja di lingkungan Dinas.
u. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Bupati, dan
v. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati.

Dalam Peraturan Daerah Kabupaten Enrekang nomor 5 tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas-Dinas disebutkan bahwa Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga terdiri atas satu sekretariat dan empat bidang

1. Sekretariat

Sekretariat dipimpin oleh seorang sekretaris yang mempunyai tugas melaksanakan urusan umum dan ketatalaksanaan bidang kepegawaian, keuangan serta perencanaan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga yang terinci sebagai berikut:

a. Merencanakan operasionalisasi pengelolaan Administrasi Perencanaan, Administrasi Umum dan Kepegawaian serta Administrasi Keuangan;
b. Memberi tugas kepada bawahan dalam pengelolaan urusan Administrasi Perencanaan, Administrasi Umum dan Kepegawaian serta Administrasi Keuangan;
c. Mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan dan naskah dinas dibidang tugasnya;
d. Melaksanakan koordinasi dengan kepala bidang dan sub bagian dalam melaksanakan tugas;
e. Melaksanakan urusan perencanaan, umum dan kepegawaian, surat-menyurat, inventarisasi dan perlengkapan perencanaan dan pelaporan serta rumah tangga dinas;
f. Melaksanakan urusan keuangan;
g. Menyelenggarakan urusan perawatan dan perlengkapan peralatan dinas;
h. Menerima naskah / surat-surat dinas yang masuk, mencatat, mendistribusikan ke bagian-bagian dan atau bidang-bidang;
i. Menyimpan data / arsip naskah dinas keluar / masuk;
j. Merencanakan, melayani dan memelihara kebutuhan peralatan / perlengkapan sub bagian;
k. Mengatur dan mengawasi pelaksanaan kerumah tanggaan sub bagian;
l. Mempersiapkan bahan dan menyusun laporan sesuai bidang tugas, sebagai bahan pimpinan.
m. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam mengembangkan karier;
n. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
o. Mengevaluasi tugas yang diberikan kepada kepala sub bagian;
p. Menyusun dan melaporkan hasil kegiatan kepada atasan; dan
q. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
Untuk menyelenggarakan tugas tersebut sebagaimana mestinya, Sekretaris mempunyai fungsi:
a. Menyusun kebijakan teknis administrasi perencanaan, administrasi umum dan kepegawaian dan administrasi keuangan;
b. Penyelenggaraan Kebijakan administrasi umum;
c. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan Sub Bagian;
d. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan Sub Bagian.

Sektretariat terdiri atas 3 Sub Bagian yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian, yaitu:

a. Sub Bagian Perencanaan
b. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
c. Sub Bagian Keuangan

2. Bidang Pendidikan Dasar dan Agama
Bidang Pendidikan Dasar dan Agama dipimpin oleh seorang Kepala Bidang dengan tugas pokok adalah menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan pendidikan dasar dan agama. Rincian tugas dimaksud adalah sebagai berikut ;
a. Mempelajari peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
b. Menyusun rencana program kerja tahunan Bidang Pendidikan Dasar dan Agama, (TK,SD,MI, dan SDLB);
c. Mendelegasi tugas dan kewenangan kepada Kepala Seksi Sarana dan Prasarana,Kepala Seksi Kurikulum dan Kepala Seksi SPEM;
d. Menyiapkan pedoman pelaksanaan dan memberikan arahan kepada staf pada Bidang Pendidkan Dasar dan Agama;
e. Memotivasi, melakukan pembinaan dan bimbingan staf pada Bidang Pendidikan Dasar dan Agama;
f. Mengkordinasi dan mengendalikan pelaksanaan program pada Bidang Pendidikan Dasar dan Agama, (TK,SD,MI, dan SDLB);
g. Menilai prestasi kerja staf pada Bidang Pendidikan Dasar dan Agama;
h. Merumuskan dan menetapkan kebijaksanaan teknis oprasional pada Bidang Pendidikan Dasar dan Agama, (TK,SD, MI, dan SDLB);
i. Memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan kerja pada staf Bidang Pendidikan Dasar dan Agama, baik sifatnya insidentil maupun berkala;
j. Menginventarisir permasalahan dalam pelaksanaan tugas pada Bidang Pendidikan Dasar dan Agama, dan mencari pemecahan;
k. Mengikuti rapat/pertemuan dalam rangka menerima dan memberikan informasi yang berhubungan dengan tugas-tugas Bidang Pendidikan Dasar dan Agama;
l. Melaksanakan koordinasi dengan Pengawas TK,SD dalam rangka kelancaran tugas;
m. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas-tugas Bidang Pendidikan Dasar dan Agama,(TK, SD,MI dan SDLB);
n. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
Dalam menyelenggarakan tugas tersebut, Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Agama mempunyai fungsi sebagai berikut:
a. Penyusunan kebijakan teknis bidang;
b. Penyelenggaraan kebijakan bidang;
c. Pembinaan, pengkordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan Seksi dan pejabat non stuktural lingkup bidang Pendidikan Dasar dan Agama;
d. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan Seksi dan Pejabat non Stuktural lingkup bidang Pendidikan Dasar dan Agama
Bidang Pendidikan Dasar dan Agama terdiri atas 3 Seksi yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, yaitu:
1. Seksi Sarana dan Prasarana Pendidikan Dasar dan Agama
2. Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar dan Agama
3. Seksi Supervisi, Pemantauan, Evaluasi dan Monitoring (SPEM)
3. Bidang Pendidikan Menengah, Kejuruan dan Agama
Bidang pendidikan Menengah, Kejuruan dan Agama dipimpin oleh Kepala Bidang dengan tugas adalah melaksanakan pembinaan dan pembimbingan di bidang pendidikan menengah, kejuruan dan agama.
Dalam menyelenggarakan tugas tersebut, Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Kejuruan dan Agama mempunyai fungsi :
a. Merencanakan Operasionalisasi rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;
b. Menyusun rencan dan program kerja bidang Pendidikan Menengah, Kejuruan dan agama sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
c. Menyelenggarakan rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;
d. Mengkoordinasikan konsep rencana kepala Seksi dalam melaksanakan tugas;
e. Menyelia pelaksanaan tugas kepala seksi agar hasil yang dicapai sesuai dengan sasaran yang ditetapkan;
f. Menilai prestasi kerja kepala seksi dilingkungan bidang Pendidikan Menengah, Kejuruan dan agama sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier;
g. Menyusun proyeksi perkembangan pembinaan pendidikan menengah, kejuruan dan agama sebagai bahan penyusunan kebijakan;
h. Memantau perkembangan pelaksanaan kegiatan rutin dan pembangunan pendidikan menengah kejuruan dan agama;
i. Memberikan pelayanan teknis dibidang perencanaan dan memonitor pelaksanaan pada SMP, SMU, SMK, dan MA mendayagunakan program teknologi, komunikasi untuk pengelolaan data dan informasi Pendidikan Menengah, Kejuruan dan Agama;
j. Melaksanakan kegiatan administrasi umum perkantoran dan membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan;
k. Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahannya; dan
l. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.
Bidang Pendidikan Menengah, Kejuruan dan Agama terdiri atas 3 Seksi yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, yaitu:
1. Seksi Sarana dan Prasarana Pendidikan Menengah,Kejuruan dan Agama
2. Seksi Kurikulum Pendidikan Menengah, Kejuruan dan Agama
3. Seksi Supervisi, Pemantauan, Evaluasi dan Monitoring (SPEM)

4. Bidang Pemuda dan Olahraga

Bidang Pemuda dan Olahraga dipimpin oleh seorang Kepala Bidang, dengan tugas melaksanakan pembinaan dan bimbingan di bidang Pendidikan Luar Sekolah Pemuda dan olahraga.
Rincian tugas dimaksud adalah sebagai berikut :
a. Merencanakan operasionalisasi rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;
b. Menyusun rencana dan program kerja bidang Pemuda dan Olahraga sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
c. Mengkoordinasikan konsep rencana pada kepala seksi dalam melaksanakan tugas;
d. Menyelia pelaksanaan tugas kepala seksi agar hasil yang dicapai sesuai dengan sasaran yang ditetapkan dan menilai prestasi kerja kepala seksi dilingkungan bidang Pemuda dan Olahraga sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier;
e. Menyusun proyeksi perkembangan pembinaan pendidikan luar sekolah pemuda dan olahraga sebagai bahan penyusunan kebijakan;
f. Memantau perkembangan pelaksanaan kegiatan rutin dan pembangunan pendidikan Bidang Pemuda dan Olahraga;
g. Memberikan layanan teknis di bidang perencanaan pendidikan luar sekolah;
h. Mendayagunakan program teknologi, komunikasi untuk pengelolaan data dan informasi bidang Pemuda dan Olahraga;
i. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan;
j. Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahannya; dan
k. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan.
Dalam menyelenggarakan tugas tersebut, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga mempunyai fungsi:
a. Menyusun kebijakan teknis bidang;
b. Penyelenggaraan program dan kegiatan bidang;
c. Pembinaan, Pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non struktural dalam lingkup bidang; dan
d. Penyelenggaraan evaluasi program dan kegiatan kepala seksi dan pejabat non

struktural dalam lingkup bidang.

Bidang Pemuda dan Olahraga teridir atas 3 Seksi, yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, yaitu:
a. Seksi Pembinaan Pemuda
b. Seksi Pembinaan Olahraga
c. Seksi Pembinaan PLS
5. Bidang Ketenagaan Pendidikan
Bidang Ketenagaan Pendidikan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang dengan tugas melaksanakan pembinaan dan bimbingan ketenagaan pendidikan. Rincian tugas dimaksud adalah sebagai berikut:
a. Merencanakan Operasionalisasi rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya;
b. Menyusun rencana dan program kerja Ketenagaan Kependidikan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
c. Mengkoordinasikan konsep rencana kepada kepala seksi dalam melaksanakan tugas;
d. Menyelia pelaksanaan tugas kepala seksi agar hasil yang dicapai sesuai dengan sasaran yang ditetapkan dan menilai prestasi kerja Kepala Seksi di lingkungan bidang ketenagaan kependidikan sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier;
e. Menyusun proyeksi perkembangan pembinaan pendidikan, ketenagaan kependidikan sebagai bahan penyusunan kebijakan;
f. Memantau perkembangan pelaksanaan kegiatan rutin bidang Ketenagaan Kependidikan;
g. Memberikan layanan teknis dibidang ketenagaan kependidikan pada TK, SD, SDLB, SLTP, SMU, dan SMK, serta pendidikan luar sekolah;
h. Mendayagunakan program teknologi, komunikasi untuk pengelolaan data dan informasi bidang ketenagaan kependidikan;
i. Melaksanakan kegiatan administrasi umum perkantoran;
j. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan;
k. Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahannya;
l. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan.
Dalam menyelenggarakan tugas tersebut, Bidang Ketenagaan Kependidikan mempunyai fungsi sebagai berikut:
a. Mempelajari peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
b. Menyusun rencana program kerja tahunan Bidang Ketenagaan Kependidikan;
c. Mendelegasikan tugas dan kewenangan kepada para kepala-kepala seksi Bidang Ketenagaan Kependidikan;
d. Menyiapkan pedoman pelaksanaan dan memberikan arahan kepada staf pada Bidang Ketenagaan ependidikan;
e. Memotivasi, melakukan pembinaan dan bimbingan kepada staf pada Bidang Ketenagaan Kependidikan;
f. Mengkoordinasi dan mengendalikan pelaksanaan program pada Bidang Ketenagaan Kependidikan;
g. Menilai prestasi kerja staf pada Bidang Ketenagaan Kependidikan;
h. Merumuskan dan menetapkan kebijaksanaan teknis operasional pada Bidang Ketenagaan Kependidikan;
i. Memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan kerja para staf pada Bidang Ketenagaan Kependidikan, baik sifatnya insidentil maupun berkala;
j. Menginventarisir permasalahan dalam pelaksanaan tugas pada Bidang Ketenagaan Kependidikan dan mencari pemecahannya;
k. Mengikuti rapat/pertemuan/seminar dalam rangka menerima dan memberikan informasi yang berhubungan dengan tugas-tugas Bidang Ketenagaan Kependidikan;
l. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas-tugas Bidang Ketenagaan Kependidikan kepada Kepala Dinas;
m. Merencanakan peningkatan kemampuan dan keterampilan Ketenagaan Kependidikan;
n. Membuat Petunjuk pelaksanaan penilaian DUPAK Ketenagaan kependidikan sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku; dan
o. Melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsi Bidang Ketenagaan Kependidikan yang diberikan oleh Kepala Dinas.
Bidang Ketenagaan Pendidikan terdiri atas 3 Seksi yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, yaitu:
1. Seksi Pendidikan dan Pelatihan
2. Seksi Ketenagaan SMP, SMA dan SMK
3. Seksi Ketenagaan TK/SD

3 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini.

  1. ass…
    maaf klo boleh tau, yang bikin blog ini siapa ya?

  2. apah kareba tondekan, unboh manaki onde

  3. apah kareba anakkure herdian & cantika ?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Get a free blog at WordPress.com | Theme: Pool by Borja Fernandez.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: